Apa Itu Festival Holi??

861 views

Festival Holi

MANOKWARIKU.INFO – Beberapa hari terakhir kita sering mendengar istilah tentang Festival Holi. Mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengerti apa sih yang dimaksud dengan Festival Holi. Apakah itu merupakan kegiatan tahunan dari suatu negara atau kelompok? ataukah Festival Holi itu merupakan ritual keagamaan? Berikut ini penjelasan tentang Festival Holi yang dikutip dari Wikipedia.

Apa itu Festival Holi?

Festival Holi adalah adalah Festival warna yang dilakukan pada awal musim semi di Negara Nepal, India, Bangladesh dan negara-negara yang berpenduduk dengan menganut agama Hindu. Pada hari itu Holi dirayakan dengan melemparkan bubuk berwarna-warni atau saling menyirami air berwarna. Holi dirayakan pada akhir musim dingin bulan purnama terkahir pada bulan phalguna kalender lunar. Akhir Festival Warna disebut Rangapanchami yang terjadi pada saat Panchami (hari ke-5 bulan purnama).

Berita Tentang Perayaan Holi Tahun 2016

KARACHI – Sedikitnya 40 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan beberapa hari menjelang perayaan festival Holi di Pakistan.

Sebagian besar korban berasal dari kalangan minoritas Hindu, Kohli yang telah mulai mengonsumsi minuman keras sejak Senin (21/3) untuk menyambut festival keagamaan Holi untuk menyambut tibanya musim semi. Festival ini untuk pertama kalinya diizinkan untuk dirayakan di Pakistan yang warganya mayoritas Muslim.

“Ini adalah insiden yang terkait dengan festival Holi karena yang menjadi korban sebagian besar warga Hindu,” kata petugas kepolisian distrik Tando Muhammad Khan, Irfan Baluch sebagaimana dilansir Business Insider, Kamis (24/3/2016).

Kematian akibat konsumsi miras merupakan hal yang sering terjadi di Pakistan. Kebanyakan miras tersebut merupakan buatan sendiri karena warga Muslim dilarang untuk membeli dan mengonsumsi minuman beralkohol dan warga minoritas Hindu membutuhkan izin dan hanya diperbolehkan miras dalam jumlah terbatas.

Pada 2014, 23 orang sebagian besar warga Muslim meninggal dan 22 lainnya dilrikan ke rumah sakit setelah menenggak miras buatan sendiri di Karachi selama liburan Idul Fitri. Sumber : okezone

Berdasarkan berita tersebut Festival Holi tidak hanya di rayakan oleh ummat Hindu tetapi juga umat agama lain sudah ikut merayakan. Cara merayakannya pun sungguh sangat miris dengan pesta miras, semoga saja masyarakat bisa lebih baik dalam memaknai setiap tradisi dengan hal yang lebih positif. (dj)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.