5 Situs Kelas Online yang Jadi Alternatif Akibat Sekolah Libur Hadapi Corona

 

ilustrasi belajar dalam kelas online (sumber: tirto.id)

MANOKWARIKU.COM – Akibat virus corona (COVID-19)
yang kian mewabah sejumlah kampus maupun sekolah diliburkan. Pemerintah dan kepala daerah terutama pada wilayah yang terdapat penderita virus ini mengambil kebijakan libur sekolah untuk meredam penularan virus berbahaya ini.

Berdasarkan informasi yang beredar di media, sekolah di DKI Jakarta telah diliburkan. Selain itu beberapa Universitas di pulau Jawa juga diliburkan. Untuk itu pembelajaran secara online dianjurkan untuk mengantisipasi libur sekolah dan kampus. Saat ini pembelajaran secara online bukan lagi menjadi sesuatu yang baru. Situs penyedia kelas online sudah banyak tersedia mulai dari yang gratis sampai yang berbayar atau berlangganan.

Wabah virus corona yang menyebar dengan sangat cepat bisa saja membuat pemerintah setiap daerah mengambil kebijakan libur sekolah untuk sementara. Sehingga agar pembelajaran dapat terus berlangsung maka pihak sekolah, guru maupun siswa harus menggunakan kelas online agar pembelajaran tetap berlanjut.

Berikut beberapa situs pembelajaran atau kelas online terbaik yang dapat menjadi alternatif bagi sekolah, guru maupun siswa yang dapat digunakan.

1.      Rumah Belajar

Apa Itu Portal Rumah Belajar?

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah
Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara GRATIS.

Fitur Utama

Jelajahi apa yang bisa kamu lakukan di Rumah Belajar

Kelas Digital

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan
ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Bank Soal

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Sumber belajar

Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi,
dan permainan.

Laboratorium Maya

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

2.      Microsoft Office 365

Office 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Office 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange Server, Skype for Business Server, dan SharePoint.

Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Saat ini, daftar alat kolaborasi termasuk OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, dan Delve Board. Aspek-aspek kunci yang mempengaruhi pilihan alat tertentu adalah kebutuhan komunikasi tertentu, ukuran tim, spesifikasi proyek, serta preferensi karyawan. Menurut pendekatan use case, setiap alat kolaborasi sesuai dengan skenario kolaborasi tertentu. SharePoint Online
berfungsi sebagai platform untuk intranet perusahaan dan portal dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh SharePoint On-Premises. Pada saat yang sama, SharePoint Online hadir tidak hanya dengan situs tim tetapi juga dengan situs komunikasi dan situs hub (Pelanggan Rilis Pertama Office 365 akan dapat mencobanya di paruh pertama tahun 2018). Microsoft Teams memungkinkan saluran kolaborasi untuk komunikasi publik atau pribadi, serta konferensi suara dan video. Outlook Online menghosting kolaborasi berbasis-email. Yammer berfungsi untuk komunikasi dengan pengguna bisnis di luar organisasi dan memungkinkan
komunikasi korporat yang mirip forum dan tim. Skype for Business mendukung perpesanan instan, VoIP, audio, video, dan konferensi web. Sedangkan untuk Delve Board, berfungsi untuk mengelompokkan dan berbagi dokumen terkait. Selain itu, ada juga Office 365 Group untuk merangkai alat-alat Office 365. Office 365 Group memungkinkan membuat ruang kolaborasi terpisah di alat Office 365 lainnya. Grup Office 365 dapat diatur di Outlook, SharePoint Online, Yammer, Microsoft Teams, dan alat kolaborasi lain untuk mendiversifikasi kemampuan kolaborasi asli aplikasi ini. Misalnya, jika sebuah tim berkolaborasi dalam Grup di Yammer, anggotanya secara otomatis mendapatkan kalender tim, kotak
masuk Outlook bersama, pustaka SharePoint, situs tim SharePoint, Planner, dan OneNote yang dibagikan. (Sumber: Wikipedia)

Kelebihan Microsoft Office 365 adalah tersedia
paket education GRATIS untuk Sekolah maupun Lembaga nirlaba / Yayasan.

3.      Google Classroom

Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan
menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12 Agustus 2014. Google sudah melakukan pemberitahuan mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak kepengelolaan sekolah beserta para pengembang diperkenankan supaya melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom. (Sumber: Wikipedia)

4.      Brainly

Brainly adalah komunitas pembelajaran peer-to-peer dan perusahaan teknologi pendidikan yang berbasis di New York City, New York, Amerika Serikat dan Krakow, Polandia. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran sosial untuk siswa, orang tua, dan pendidik.

Di halaman depan situs Brainly tertulis “Dari
bertanya jadi mengerti. Brainly adalah tempat berbagi ilmu 150 juta siswa dan pakar edukasi, belajar bersama untuk menyelesaikan soal-soal yang paling rumit sekalipun.”

5.      Ruang Guru

PT RUANG RAYA INDONESIA (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh
Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan dengan Nomor 3/A.5a/31.74.01/-1.851.332/2018.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva
Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.

 

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "5 Situs Kelas Online yang Jadi Alternatif Akibat Sekolah Libur Hadapi Corona"