Alur Sertifikasi Guru Melalui SG-PPG

Tidak ada komentar 949 views

MANOKWARIKU.INFO – Sertifikasi guru melalu jalur Pendidikan Profesi Guru mekanismenya sedikit berbeda dengan jalur Porto Folio atau PLPG. Perbedaan yang paling jelas adalah waktu pendidikan yang ditempuh jauh lebih lama. Berikut penjelasan tentang alur sertifikasi guru SG-PPG.

Alur Sertifikasi Guru SG-PPG

Penjelasan alur sertifikasi guru yang disajikan pada gambar diatas . sebagai berikut

  • Guru berkualifikasi akademik minimal S-1/D-IV (linearitas dengan S1 dan mapel UKG) dan memiliki skor UKG 2015 minimal 55, mengumpulkan dokumen ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota untuk diverifikasi sebagai persyaratan untuk mengikuti seleksi administrasi.
  • Guru yang memenuhi persyaratan administrasi mengikuti tes masuk sebagai peserta SG-PPG di LPTK. Bagi guru yang lulus tes masuk SG-PPG selanjutnya mengikuti tahapan: (1) workshop tahap I, (2) Pogram Pengalaman Lapangan (PPL) tahap I, (3) workshop tahap II, dan (4) PPL tahap II. Sebelum mengikuti workhsop tahap I, guru melakukan identifikasi problematika pembelajaran di sekolah masing masing yang nanti akan di bahas dalam workshop tahap II. Tugas tersebut setara 3 sks (119 jam).
  • Setiap tahapan diakhiri dengan uji kompetensi yaitu ujian tertulis 1, ujian kinerja 1, ujian tertulis 2, ujian kinerja 2, dan diakhir seluruh tahapan peserta mengikuti ujian tertulis nasional secara online.
  • Peserta yang tidak lulus setiap ujian sebagaimana dimaksud pada huruf c, dapat mengulang sebanyak dua kali. Jika tidak lulus pada ujian ulang kedua, peserta dikembalikan ke dinas pendidikan untuk mendapatkan pembinaan dalam rangka pengembangan diri.
  • Peserta yang tidak lulus ujian tertulis nasional ulang kedua dapat mengikuti ujian tertulis nasional pada periode berikutnya sampai masa studinya berakhir (3 tahun).
  • Peserta yang lulus uji kompetensi SG-PPG berhak mendapat sertifikat pendidik.

Baca juga: Alur Sertifikasi Guru PF dan PLPG

Baca juga; Persyaratan Lengkap Sertifikasi Guru PF, PLPG dan SG-PPG

sumber: Pedoman Sertifikasi Guru 2016

(dj)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Alur Sertifikasi Guru Melalui SG-PPG"