Ayo Gabung Foto Selfie Peduli Sampah #aksibersihmanokwariku

812 views

Sampah dan Jenisnya

Sampah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industry maupun domestic (rumah tangga). Berdasarkan UU No. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, menjelaskan bahwa sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk pada atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Jenis sampah yang ada di sekitar kita cukup beraneka ragam, ada yang berupa sampah rumah tangga, sampah industri, sampah pasar, sampah rumah sakit, sampah pertanian, sampah peternakan, dan sebagainya.

Berdasarkan wujud atau bentuknya, sampah dibedakan menjadi sampah cair, sampah padat, dan sampah gas. Berdasakan asalnya, sampah padat digolongkan menjadi dua, yaitu

1. sampah organik, adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah ini dengan mudah dapat diuraikan melalui proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Yang termasuk sampah organik, misalkan sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain kertas, karet, dan plastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun dan ranting. Selain itu, pasar tradisional juga banyak menyumbangkan sampah organik seperti sampah sayuran, dan buah-buahan;

2. sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan nonhayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dibedakan menjadi sampah logam dan produk-produk olahannya, sampah plastik, sampah kertas, sampah kaca dan keramik, serta sampah detergen. Sebagian besar sampah anorganik tidak dapat terurai oleh alam/mikroorganisme secara keseluruhan. Sementara, sebagian lainnya dapat terurai dalam jangka waktu yang lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastic, botol gelas, tas plastik, dan kaleng. Referensi:http://www.kajianpustaka.com/2015/02/pengertian-jenis-dan-dampak-sampah.html?m=1

sampah berserakan di salah satu jalan kota Manokwari

Dampak Sampah

Sampah-sampah padat yang bertumpuk cenderung tidak dapat terurai dalam waktu yang lama akan mencemarkan tanah. Yang dikategorikan sampah di sini adalah bahan yang tidak dippakai lagi karena telah diambil bagian-bagian utamanya dengan pengolahan menjadi bagian yang tidak disukai dan secara ekonomi tidak ada harganya. Menurut Gelbert, dkk. (1996), terdapat tiga dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan, yaitu

1. Dampak terhadap Kesehatan Lokasi dan pengelolaan sampah kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tepat yang cocok bagi beberap organisme dan menarik bagi binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menjangkitkan penyakit.

2. Dampak terhadap Lingkungan Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap, hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organic dan gas cair organik, seperti metana. Selain berbau kurang sedap, gas ini pada konsentrasi tinggi dapat meledak.

3. Dampak terhadap Keadaan Sosial dan Ekonomi Dampak-dampak tersebut yaitu

a. Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal penting di sini adalah meningkatnya pembiayaan (untuk pengobatan ke rumah sakit);

b. Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengelolaan air. Jika sarana penampungan sampah kurag atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki. Referensi:http://www.kajianpustaka.com/2015/02/pengertian-jenis-dan-dampak-sampah.html?m=1

 

Kondisi Sampah di Manokwari

Setidaknya kita sudah paham apa itu sampah dan dampak yang ditimbulkan. Bagaimana dengan daerah kita, Manokwari? Sudahkan sampah di daerah kita berada di tempat yang tepat? Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap daerah pasti memiliki sampah karena setiap individu menghasilkan sampah setiap harinya. Akan tetapi, tepatkah kita meletakkan sampah tersebut? sampah yang dihasilkan selayaknya mendapatkan tempat khusus, tempat yang jauh dari pemukiman, tempat wisata, ataupun juga tempat yang dilindungi ekositemnya dengan tujuan supaya tidak mencemari lingkungan dan merusak pemandangan. Akan tetapi pada kenyataannya, masih kita jumpai sampah bercecerah di pinggir jalan, di tempat wisata (misalkan pantai), bahkan di sekitar tempat peringatan dilarang membuang sampah. Bagaimana jika sampah-sampah tersebut dibiarkan apalagi terus ditambah, akankah daerah kita, Manokwari, menjadi daerah yang penuh sampah? Pastinya kita tidak mengharapkan hal itu terjadi. Pastinya kita mendambakan daerah kita, Manokwari, menjadi daerah yang bersih dan nyaman.

 

Tanggung Jawab Siapa?

Siapakah yang harus berperan menjaga kebersihan dan kenyamaan daerah kita, Manokwari? Tentunya itu menjadi tanggung jawab kita semua sebagai warga Manokwari. Tidak perlu menunggu orang lain, mulailah dari diri kita sendiri.

a. Jika dalam perjalanan, janganlah langsung membuang sampah. Simpanlah terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah yang memang disediakan, barulah buang sampah tersebut di situ.

b. Jika berada di tepat wisata, jangan sekali-sekali membuang sampah sembarang bahkan sampai melemparkan sampah tersebut ke pantai (jika berwisata ke pantai). Buanglah sampah tersebut di tempat sampah yang telah disediakan, jika tidak ada tempat sampah, bawalah sampah tersebut dan buanglah di tempat sampah yang memang disediakan.

c. Mulailah terapkan pada diri sendiri bahwa alam ini bukan milik pribadi, tetapi ini milik bersama yang perlu dijaga kelestariannya.

– Warga Manokwari yang ingin berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan, silakan bergabung bersama kami dalam #aksiBersihManokwariku.

 

Bagaimana cara bergabungnya?

Agar aksi kamu menginspirasi banyak orang, silakan posting foto selfie-mu yang sedang melakukan aksi peduli sampah di facebookmu dengan hastag #aksibersihmanokwariku.

Jangan lupa like halaman Facebook Manokwariku.Info ya. Foto-foto tersebut akan kami tampilkan di Manokwariku.Info setiap minggunya. Yang sudah mengirimkan foto secara otomatis tergabung menjadi anggota peduli sampah Manokwariku. Pada event tertentu, Manokwariku.Info akan mengundang para anggota peduli sampah untuk melakukan pertemuan dan kegiatan bersama. Untuk info lebih lanjut silakan buka https://manokwariku.info.  Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan ekosistem alam Manokwari.

#aksibersihmanokwariku

#aksibersihmanokwariku

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.