Bapak – Ibu Guru Datang Sekolah Hidup Lagi

817 views

Lapangan Volly SMP Satap Mupi Manokwari

MANOKWARIKU.INFO – Semangat kembali berkobar di SD & SMP Satu Atap 42 Mupi. Sekolah yang terletak di Kampung Mupi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari , Papua Barat ini mengalami perubahan yang luar biasa. Sekolah yang sempat akan ditutup, sekarang memiliki siswa yang aktif mengikuti pembelajaran di sekolah. Hal ini karena sekolah kedatangan empat guru baru, Guru Garis Depan (GGD).

 

GGD merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, program yang bertujuan memberikan pelayanan pendidikan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Empat guru tersebut merupakan guru yang sudah berkompetensi di bidangnya karena mereka sudah mengikuti serangkaian pendidikan dan ujian kompetensi. GGD yang di tempatkan di sekolah tersebut yaitu Safei (Guru Penjaskes), Raja Inal Sihotang (Guru Matematika), Hasmadani (Guru Bahasa Inggris), dan Syamsiar (Guru IPS). Mereka bersama-sama melakukan perubahan, di antaranya membangun lapangan voli permanen. Selain perbaikan sarana fisik sekolah, mereka pun ikut peran aktif melakukan perbaikan manajemen sekolah. Usaha yang mereka lakukan pun tidak sia-sia. Siswa semakin berantusias sekolah, warga pun menyambut dengan baik.

“Jika sekolah ini sebelumnya sempat akan ditutup karena siswa kurang dan manajemen sekolah tidak berjalan dengan semestinya. Kepala sekolah tidak aktif, kehadiran siswa rendah, dan problema lain yang membuat proses belajar mengajar jadi macet, bahkan sekolah tersebut inventarisnya dijarah oleh warga, sekarang saya senang. Siswa semakin rajin pergi sekolah dan mau belajar dengan baik. Saya tahu bahwa pendidikan penting bagi masa depan mereka”, tutur Kaliopas, seorang tokoh masyarakat di kampung tersebut.

Tidak hanya di SD & SMP Satu Atap 42 Mupi yang menjadi sasaran GGD. Terdapat empat Provinsi menjadi sasaran GGD, yaitu Aceh, NTT, Papua Barat, dan Papua. GGD yang dilepas oleh Presiden RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 25 Mei 2015 yang berjumlah 798 disebar ke empat provinsi tersebut bertujuan untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk Kabupaten Manokwari, terdapat 35 GGD yang tersebar di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. (rp)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.