Budi Sunarso: “Sekolah Sangat Terbantu dengan Noken Pustaka!”

Sebuah rak buku sederhana berdiri di samping meja guru Kelas V SD Negeri 07 Sowi, Manokwari. Pada rak tersebut tersusun beberapa buah buku bacaan anak-anak, semua buku yang tersusun disana adalah buku non teks pelajaran. Buku-buku tersebut adalah buku cerita bergambar. “Rak buku ini adalah inisiatif dari siswa sendiri, Haomi Dedaida ketua kelas yang memiliki ide membuat rak buku di kelas tersebut, kelas ini adalah kelas berliterasi, anak-anak di kelas ini suka membaca,”ujar Yenny Kalengkongan, wali kelas lima sekolah tersebut. Sebelum pelajaran dimulai siswa membaca buku yang disusun di rak tersebut. Kelas Haomi Dedaida memang sangat menyenangkan dan kreatif, media-media pembelajaran terpajang di dinding, sebuah hiasan lampion berwarna merah tergantung di belakang kelas. Ruang kelas ini paling kreatif dari kelas-kelas lainnya.

“Saya suka baca buku, saya senang Mas Anand (Noken Pustaka) datang ke sekolah kami membawa buku bacaan yang banyak, saya juara kelas karena suka membaca, di rumah saya banyak buku, saya sering membantu Mas Anand mengajak siswa untuk membaca buku yang dibawa Mas Anand,”ujar Haomi Dedaida yang bercita-cita ingin jadi dokter tersebut.  SD Negeri 07 Sowi memang layak disebut sebagai salah satu  sekolah berliterasi di Manokwari. Sekolah yang dimpimpin Bapak Budi Sunarso tersebut bahkan membuat pondok baca khusus untuk membaca di halaman sekolah yang rindang. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, pondok tersebut memang dibuat kokoh dan menarik, balok-balok yang dipakai masih baru dan kuat. Atap seng yang dipakai masih baru. Pondok tersebut di cat dengan warna merah dan hijau. Pada tiang-tiang penyangga pondok tersebut dihiasi kata-kata bijak dan motivasi untuk membaca. Sepertinya pondok baca tersebut memang dibuat tidak setengah hati.

“Pondok ini dibangun untuk memberi ruang kepada siswa untuk membaca, apalagi sekarang sekolah didorong pemerintah untuk membuat program literasi di sekolah, saya sangat terbantu dengan adanya Pustaka Bergerak seperti Noken Pustaka yang digerakkan Pak Misbah dan kawan-kawan, sangat kreatif, memberikan dampak, dan mereka juga ikhlas beramal,”ujar Pak Budi Sunarso Kepala Sekolah SDN 07 Sowi Senin, 27 Februari 2017. Sekolah yang dipimpin lulusan Universitas Cendrawasih tersebut merupakan salah satu sekolah yang bersinergi dengan Noken Pustaka. Anand Yunanto yang sehari-hari ‘bertanggungjawab’ dengan Motor Tiga Roda Noken Pustaka memang menjalin kedekatan dengan beberapa sekolah di Manokwari. Sekolah-sekolah yang diberikan pelayanan Pustaka Bergerak oleh Anand juga merasa sangat terbantu dan termotivasi untuk membuat program literasi di sekolah mereka yang selama ini diabaikan.

Oleh:Safei Ricardo Desima,
Senin, 27 Februari 2017

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Budi Sunarso: “Sekolah Sangat Terbantu dengan Noken Pustaka!”"