Guru GGD Manokwari Terbitkan Buku Bergambar

Tidak ada komentar 400 views

MANOKWARIKU.COM – Semarakkan literasi usia anak-anak, Guru GGD Manokwari terbitkan buku anak bergambar. Dituturkan Safei penulis buku anak tersebut, bahwa bacaan untuk anak-anak cukup langka di Papua, banyak sekolah-sekolah yang tidak memiliki buku bacaan layak untuk usianya.

“Mengenalkan literasi harus dimulai dari usia anak-anak, yakni mendekatkan buku bacaan yang sesuai usia mereka, kemudian buku usia anak-anak harus imajinatif, seperti memiliki ilustrasi yang menarik, buku teks pelajaran kurang disukai anak-anak, di Jepang buku sekolah dibuat dalam format manga,apalagi kita berada di era revolusi industri 4.0, guru-guru harus kreatif agar tidak ditinggalkan zaman, salah satunya dengan menguasai literasi digital, kita bisa belajar di internet tentang teknik menulis buku anak, banyak e-book buku anak yang bisa di download gratis,”ujar Safei guru GGD yang bertugas di SD Satap Mupi Manokwari Minggu, (3/3).

Safei juga menuturkan bahwa tidak banyak penulis buku anak di Manokwari, guru-guru dan penulis harus dilatih untuk menerbitkan buku anak, kadang-kadang buku anak dengan muatan kearifan lokal lebih disukai anak-anak daripada buku anak yang ada dipasaran, banyak potensi sebenarnya cuma atmosfernya saja belum terbangun. Safei sendiri sudah terlibat dalam beberapa penerbitan buku anak di Manokwari, salah satunya menjadi ilustrator buku bergambar cerita rakyat Papua Barat yang diterbitkan oleh LPMP Papua Barat.

“Buku terbaru ini adalah buku berjudul Pemburu Cendrawasih, untuk tahap pertama buku ini dicetak 100 eksamplar saja, syukurlah buku ini ada sponsornya, sehingga bisa kita bagikan ke sekolah-sekolah dan taman baca yang dibina oleh guru GGD,”ujar Safei.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Guru GGD Manokwari Terbitkan Buku Bergambar"