Mencekam, Relawan Pustaka Bergerak Nekat Terebos Blokade Demo

Manokwari-Panjul (22) relawan Pustaka Bergerak Motor Noken Pustaka (MNP) lolos dari blokade saat situasi tengah mencekam di Manokwari, Senin, (19/8).

Demo besar tengah melanda Manokwari pasca kasus di Malang dan Surabaya. Situasi sangat mencekam, masyarakat Papua turun ke jalan-jalan menyuarakan aspirasi mereka pasca tragedi terusiknya beberapa Mahasiswa asal Papua di Pulau Jawa. Isu berbau rasis di Pulau Jawa berimbas dengan aksi turunnya masyarakat Manokwari ke jalan. Saat situasi mencekam Panjul terperangkap oleh aksi demo. Panjul tidak menyangka jalan yang sehari-hari ia lewati untuk melakukan pelayanan baca gratis untuk anak-anak di Manokwari sedang ada rusuh. Biasanya Panjul mendatangi sekolah-sekolah yang tidak ada perpustakaannya dan memberikan pelayanan pustaka alternatif.

“Sampai saat ini (pukul 12.30 WIT) Panjul belum kembali, semoga ia bisa selamat menuju pulang, kuatir ia terperangkap dalam aksi demo, saya lihat foto kerusuhan di FB, di sana ada Panjul” , ujar Ali Sunarko ketua komunitas Motor Noken Pustaka, yang bertanggung jawab atas motor keliling tersebut.

Panjul memang sudah dua tahun menjadi driver MNP, meski ia tidak tamat SD ia sangat peduli dengan generasi muda. Coba cari kabar tentang Panjul, nomornya juga tidak aktif, kuatir Ali Sunarko. Semoga Panjul pulang dengan selamat, dan terus bergerak untuk mencerdaskan anak-anak Papua melalui gerakan membaca. **

Laporan Safei Ricardo Desima

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mencekam, Relawan Pustaka Bergerak Nekat Terebos Blokade Demo"