Mengedukasi Anak Negeri di Distrik Manokwari Utara

PENGABDIAN ADALAH JIWA KAMI

Setelah kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (Mean) beberapa bulan lalu yang terbilang sukses, kembali kami melaksanakan kegiatan Mean yang kali ketiga. Target Mean kali ini adalah sekolah yang berada di Distrik Manokwari Utara: SD Inpres 20 Nuni dan SD Inpres 107 Saubeba. Kegiatan ini yang dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama, Mean dilaksanakan di SD Inpres 20 Nuni dan hari kedua dilaksanakan di SD Inpres 107 Saubeba.
Kegiatan awal di hari pertama dimulai pukul 20.00 WIT di Lapangan SD Inpres 20 Nuni dengan pemutaran film edukasi atau nonton bareng mengunakan LCD proyektor. Sebelum pemutaran film, Kepala SD Inpres 20 Nuni memberikan sambutan hangat dan dulungan penuh kegiatan Mean Basecare Manokwari. “Sokola Rimba dan  Tanah Surga” menjadi film pilihan kami untuk mereka, siswa SD Inpres 20 Nuni. Anak anak sangat antusias menikmati film tersebut, tidak hanya itu orang tua dan masyarakatpun demikian. Di akhir acara nonton bareng penangung jawab acara, Safei, memberikan kuis serta menyediakan hadiah kecil kepada penonton yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan panitia. Kegiatan yang mampu menarik anak-anak sekolah dan masyarakat ini berakhir pada pukul 22.30 WIT.

Keesokan harinya, hari kedua, kegiatan dilaksanakan di SD Inpres 107 Saubeba. Tepat pukul 08.00 WIT kegiatan dimulai dengan senam pagi. Berlin Cipta Pratama, penanggung jawab senam pagi, memilih Senam Pramuka sebagai pembukaan kegiatan Mean di hari kedua. Pemilihan Senam Pramuka sebagai pembukaan kegiatan karena senam ini memiliki gerakan yang lebih mudah, musiknya lebih enerjik, dan tentunya karena disukai anak-anak.
Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan pendidikan hidup sehat.

Sri Winarsih dan Syamsiar, penanggung jawab kegiatan, memberikan materi tentang cara mencuci tangan dan cara menggosok gigi yang benar. Setelah pemberian materi, siswa mempratikan langsung cara mencuci tangan dan cara menggosok gigi yang benar dengan bimbingan tim Mean Manokwari. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon (go green). Kegiatan ini dilakukan di halaman sekolah bersama siswa dan guru SD Inpres 107 Saubeba. 

Kegiatan berbahasa pun mengambil bagian pada kegiatan Mean kali ini. Kali ini, siswa diajak mendengar dongeng dari tim Mean, Berlin Cipta Pratama, tentang “Semut dan Kepompong”. 

Kegiatan penutup dilakukan dengan kegiatan ibadah yang dipimpin oleh Agnes Kolin dan Mevy Tangkulung.
Kegiatan Mean kali ini kami sungguh berbangga dan merasakan karena bukan hanya kami bisa berbagi dengan keluarga besar SD Inpres 20 Nuni dan SD Inpres 107 Saubeba, tetapi karena kami merasa semakin erat dalam keluarga besar Basecare Manokwari yang terdiri bukan hanya dari alumni SM-3T tetapi para pecinta dan peduli pendidikan. 
Kegiatan Mean kami sebagai salah satu wujud nyata kami merayakan Hari Lahir (Harlah) SM-3T. Semoga di Harlah ke-6SM-3T kita para SM-3T dan pecinta pendidikan semakin erat dan kokoh meningkatkan pendidikan di Indonesia.
#Kami keluarga besar Basecare Manokwari mengucapkan  Selamat Hari Lahir ke-6 SM-3T.

Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. (Berlin/rp)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mengedukasi Anak Negeri di Distrik Manokwari Utara"