Mengedukasi Anak Negeri GGD Manokwari di SD Inpres 60 Sidey

MANOKWARIKU.INFO – Di bulan peringatan Hari Guru Nasional, Basecare SM-3T Indonesia  yang beranggotakan GGD Kabupaten Manokwari dan alumni SM-3T kembali menorehkan kegiatan “Mengedukasi Anak Negeri”. Kali ini, kegiatan mengedukasi Anak Negeri dilaksanakan di SD Inpres 60 Sidey yang terletak di SP-9 Kabupaten Manokwari. Kegiatan yang berlangsung kemarin (17/11) mengangkat tema “Mengabdi Lebih Sungguh mewujudkan Generasi Tangguh”. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga siang sekolah tersebut disambut dengan ramah oleh kepala sekolah, dewan guru, dan para siswa. Senyum ramah para guru yang siap berdiri di depan gedung menyambut kami dengan salam dan senyum ramah. Tidak hanya itu, kami merasakan keramahan dalam sambutan perwakilan sekolah, yang akrab dipanggil Pak Yopi. Beliau seorang guru yang sudah mengabdi selama 25 tahun tersebut.

SD Inpres 60 Sidey merupakan sekolah kedua yang menjadi sasaran agenda rutin kegiatan “Mengedukasi Anak Negeri” Kabupaten Manokwari. Dalam kegiatan tersebut, GGD Kabupaten Manowari beserta alumni SM-3T yang masih tinggal di Kabupaten Manokwari mengusung beberapa kegiatan di antaranya permainan kata, sains, matematika, dan seni. Siswa tampak menikmati kegiatan tersebut bahkan selama berlangsung kegiatan, siswa kelas 1, 2, dan 3 turut penasaran sehingga ikut bergabung dalam kegiatan tersebut. Mereka seakan tidak mau kalah mengikuti kegiatan yang dilakukan kakak kelasnya. Permainan kata mengusung kecepatan dan ketelitian siswa menyusun kata sesuai dengan kata yang disampaikan. Sains mengusung kegiatan pembelajaran magnet dan daya serap. Matematika mengusung kegiatan teknik menghitung dengan cepat dengan teknik yang gampang diingat oleh siswa. Sedangkan seni merupakan rangkuman dari semua kegiatan yang dengan membungkusnya dalam lirik-lirik yang dilagukan.

Semua siswa tampak semangat, terlalu semangatnya, seorang siswa kelas V dengan tegas membantu menenangkan teman-temannya saat ramai. Dia mengajak teman-temannya untuk tenang dan menyimak kata yang akan disampaikan oleh guru. Mereka bersama-sama dengan tangkasnya melakukan tiap tahap kegiatan dengan antusias. Bahkan, mereka pun lupa jika waktu sekolah sudah usai. Mereka baru menyadari ketika ada beberapa orang tua dari mereka yang menengok ruang kelas.

Semangat para siswa sepertinya merupakan hasil penularan semangat para anggota Basecare SM-3T Indonesia. Mengapa tidak? Berikut ungkapan haeran, guru IPS SMP Satap Mansinam, “Karena lokasi kegiatan sangat jauh dari pantura, saya harus berangkat sehari sebelumnya dan menginap di kopel teman yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kegiatan. Meskipun cuaca hujan selama perjalanan, saya dan teman tetap berangkat. Tujuan kami pendidikan dan kebersamaan.”

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, Berlin Cipta Pratama, mengaku sangat puas dengan suksesnya kegiatan. Hal ini tidak lepas dari kerja sama antaranggota GGD Kabupaten Manokwari dan para alumni SM-3T yang masih tinggal di kabupaten Manokwari. Meskipun tempat tinggal mereka tersebar di beberapa distrik di Kabupaten Manokwari, mereka menyempatkan diri untuk ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Menanggapi kegiatan tersebut, saat sambutan pencetus kegiatan dan ketua koordinator Basecare SM-3T Indonesia, Jamaluddin, berpendapat  sejalan dengan apa yang disampaikan ketua panitia kegiatan. Beliau mengharapkan kegiatan ini terus berlangsung secara konsisten dan semakin eratnya kekompakan antaranggota. Hal tersebut mengingatkan kita untuk melunasi janji kemerdekaan. Kegiatan “Mengedukasi Anak Negeri” merupakan kegiatan yang tidak hanya serta merta bertujuan memberikan inspirasi dan pengalaman berharga kepada siswa tetapi juga untuk menjalin silaturahmi kepada warga sekolah sasaran. Dengan adanya silaturahmi dan rasa kekeluargaan maka dengan mudahnya bisa saling berbagi pengetahuan dunia pendidikan.

Laporan: Ervin Inda

Ketua Panitia: Berlin Cipta Pratama

Penanggung Jawab: Djamal Djafar

Tim : GGD Manokwari, Alumni SM-3T Jilid II

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mengedukasi Anak Negeri GGD Manokwari di SD Inpres 60 Sidey"