Mutasi Guru dan Pengurusan NUPTK Melalui Aplikasi SIM Rasio

856 views

ilustrasi

MANOKWARIKU.INFO – Pemerintah saat ini tengah berupaya keras meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini. Berbagai cara dilakukan untukmencapai tujuan tersebut, mulai dari pembangunan gedung sekolah,bantuan biaya operasional sekolah, maupun peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.

Peningkatan mutu guru melalui berbagai cara seperti diklat sertifikasi dan pendidikan profesi guru. Guru yang sudah lama mengabdi dengan jangka waktu tertentu meskipun tidak berstatus PNS akan diikutkan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. Para guru yang telah melewati proses ini selanjutnya akan mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Sertifikat Pendidik maupun Nomor Registrasi Guru (NRG). Kemudian guru yang telah memegang sertifikat pendidik tersebut apabila memenuhi Jumlah Jam Mengajar (JJM) 24 jam maka akan mendapatkan tunjangan profesi guru.

Tagor Alamsyah Harahap ·

 Sudah kami siapkan aplikasi SIM RASIO yg terintegrasi mulai dari jenjang PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN (seperti gambar). Saat ini sedang disempurnakan agar kab kota bisa memanfaatkan untuk pemetaan dan distribusi guru. Sistem ini juga akan digunakan untuk mendaftarkan Guru memperoleh NUPTK berbasis analisis kebutuhan. Artinya NUPTK akan diterbitkan PDSP atas usulan GTK sesuai kebutuhan guru dikab/kota (bukan persekolah) yg dihitung dgn Sim Rasio. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan jumlah guru sesuai kebutuhan. Sim Rasio juga akan mengendalikan mutasi guru sehingga guru yg dipindah harus mempunyai JJM disekolah tujuan. Mutasi tanpa rekomendasi Sim Rasio maka JJM guru akan ditolak pada Sim Tunjangan sehingga JJM tdk diakui yg berakibat SK Tunjangan tidak keluar. Hal ini adalah kewenangan pusat sesuai amanat Undang2 nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Aktor utama dalam hal ini adalah dinas pendidikan agar permintaan NUPTK dan Mutasi guru dilakukan dengan Benar. Mohon pemangku kepentingan di dinas pendidikan serius menangani hal ini.Trims

Saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyusun aplikasi SIM RASIO yang berguna untuk mengelola informasi distribusi dan pemeraatan guru tingkat kabupaten. Aplikasi ini nantinya menjadi alat bagi Dinas pendidikan untuk mendistribusikan guru sesuai rasio. Jadi setiap guru yang akan mutasi harus mendapatkan Jumlah Jam Mengajar (JJM). Melalui Aplikasi SIM Rasio ini juga berguna untuk mendaftarkan guru memperoleh NUPTK sesuai analisis kebutuhan guru tingkat kabupaten.(dj)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.