Noken Pustaka Akan Gelar Workshop Jurnalistik

Tidak ada komentar 424 views

Bapak Darsono seorang relawan Noken Pustaka dengan Kuda Pustaka. Bapak Darsono melayani pustaka keliling di daerah SP Manokwari dengan Kuda

MANOKWARIKU.INFO – Salah satu kemampuan yang layak dikuasai generasi muda saat ini adalah kemampuan menguasai komunikasi dan informasi. Untuk itu, kemampuan beraksara dan berliterasi sangat menentukan, demikian ujar Drs. Misbah pendiri Komunitas Pustaka Bergerak Noken Pustaka Papua, 10/12. Komunitas ini sudah berdiri sejak setahun yang lalu, Noken Pustaka memberikan pelayanan perpustakaan keliling secara cuma-cuma alias gratis, bukunya pun sudah banyak hasil donasi masyarakat bahkan saat ini Noken Pustaka sudah memiliki Pustaka Motor Tiga Roda, Perahu Pustaka dan Kuda Pustaka. Kuda Pustaka berjalan keliling kampung di wilayah SP yang dijalankan oleh relawan Bapak Darsono, sementara Pustaka Keliling Motor Tiga Roda dikendarai Anand Yunanto. Dua relawan ini mendatangi kampung-kampung di Manokwari yang tidak mendapat akses ke perpustakaan.

“Kedatangan saya paling di tunggu-tunggu siswa di sekolah, karena mereka bisa meminjam buku-buku koleksi yang saya bawa cukup banyak, umumnya buku bacaan anak-anak. Buku ini jumlahnya ratusan yang bersumber dari para donatur,”ujar Anand. Selain Darsono dan Anand Yunanto lain pula dengan Agus Mandowen, yang juga salah satu relawan di Noken Pustaka. Agus Mandowen langsung mendatangi kampung-kampung di Distrik Manokwari Timur dengan jalan kaki sambil membawa buku dalam noken yang ia bawa, relawan-relawan tersebut tidak di gaji sama sekali. “Saya bersyukur sekali bisa menjadi bagian dari Noken Pustaka, kadang-kadang ada saja orang-orang yang peduli dengan apa yang saya lakukan, saya pernah diberi voucer bensin secara cuma-cuma, melihat apa yang saya lakukan banyak teman-teman tergerak membantu dengan buku, bahkan buku bekas pun masih saya terima,” ujar Anand Yunanto.

“Untuk menarik pelajar tertarik dengan dunia literasi (membaca dan menulis) kita akan mengadakan workshop jurnalistik sekolah, sebab kegiatan jurnalistik dekat dengan dunia membaca dan menulis,” tambah Misbah yang juga kepala sekolah SMPN 19 Manokwari Pasir Putih. Rencananya acara ini akan diadakan di Aula SMPN 19 Manokwari Pasir Putih, adapun peserta akan diikuti pelajar-pelajar SMP dan SMA di Manokwari yang memiliki bakat menulis. “Anak-anak ini akan dilatih mentor dan praktisi yang telah bergelut dengan dunia jurnalistik,” papar Misbah. Selain itu anak-anak juga akan diberikan Workshop mengambar kreatif dalam kegiatan workshop yang sama, diharapkan nantik follow up acara ini akan muncul calon seniman disain atau ilustrator dari Papua, tutup Misbah.(sf/dj)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Noken Pustaka Akan Gelar Workshop Jurnalistik"