Pemerintah Buka 7000 Lowongan Guru GGD Untuk Daerah Terpencil

Lowongan Guru GGD

Lowongan Guru GGD

MANOKWARIKU.INFO – Guru Garis Depan (GGD) kembali akan mengisi kekurangan guru di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Sebentar lagi akan dibuka pendaftaran GGD tahun 2016 sebanyak 7000 pendidik ke 98 kabupaten yang masuk dalam wilayah 3T. GGD tahun 2016 merupakan GGD yang kedua. GGD sebelumnya yang berjumlah 798 di tempatkan di 28 kabupaten di empat provinsi, yang meliputi Provinsi Aceh, Provinsi NTT, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua.

Di tempat tugas GGD tidak hanya mengisi kekosongan ataupun kekurangan tenaga pengajar, tetapi mereka bertugas untuk mengajar, mendidik, dan mengispirasi anak didik. Tak hanya itu, mereka juga harus berperan membantu kegiatan di lingkungan masyarakat tempat tinggal mereka.

Peserta GGD merupakan para lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Di antara lulusan PPG, merupakan para lulusan Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Untuk dapat mengikuti GGD tidak cukup mudah karena harus mengikuti serangkain ujian. Bagaimana tidak? Saat mengikuti PPG, peserta ditempa dengan materi pelajaran dan harus menghadapi beberapa ujian. Sedangkan untuk dapat lulus GGD, peserta juga harus mengikuti ujian layaknya tes kepegawaian. Sehingga lulusan GGD merupakan para sarjana pendidikan yang memang sudah berkompetensi di bidangnya.

Para GGD tidak hanya dituntut mampu berkompetensi di bidangnya, tetapi juga harus memiliki dedikasi yang tinggi. Hal ini karena mereka harus siap di tempatkan di daerah 3T yang memiliki fasilitas sangat minim bahkan ekstrim. Mereka harus siap hidup di daerah yang tidak ada listrik, tidak ada jaringan komunikasi seluler, sulit air, sulit transportasi, bahkan dengan lingkungan alam yang cukup membahayakan.

Meskipun demikian, GGD sangat diminati. Bukan sekadar karena status kepegawaian, tetapi semangat perjuangan dan dedikasi yang tinggi untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik di daerah 3T. Disadari bahwa pendidikan merupakan pondasi utama kemajuan dan kokohnya suatu bangsa. Miris jika pendidikan di Indonesia ini belum merata karena tenaga pendidikan yang cenderung menumpuk di daerah perkotaan. “Saya ikut GGD karena saya ingin kembali mendedikasikan diri mendidik di daerah 3T seperti apa yang pernah saya lakukan saat mengikuti SM-3T. Saya sangat senang, meskipun risikonya saya harus menahan rindu kampung halaman,” ungkap Sri Winarsih, GGD di Tanah Papua.

Pelaksanaan GGD tidak lepas pula dari peran serta para alumni (SM-3T) yang tergabung dalam Masyarakat SM-3T Institute (MSI). MSI merupakan keluarga besar para peserta maupun alumni SM-3T. MSI bahu-membahu dan menjalin kekeluarga supaya keberlanjutan para alumni SM-3T dapat kembali mendedikasikan diri di daerah 3T.(rp)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemerintah Buka 7000 Lowongan Guru GGD Untuk Daerah Terpencil"