Program “Pustaka Anak Nusa” Wujudkan Sekolah Berliterasi di Daerah Sasaran GGD


 

MANOKWARIKU.COM – Guru Garis Depan (GGD) Manokwari resmi meluncurkan program “Pustaka Anak Nusa” untuk mewujudkan sekolah berliterasi di daerah sasaran. Menurut Ketua Program, Safei, S.Pd bahwa Pustaka Anak Nusa merupakan langkah mempercepat progress penempatan guru GGD di daerah sasaran. “Guru GGD harus jadi agent of change di daerah sasaran, tugas utama guru GGD di kirim ke daerah 3T adalah untuk mempercepat pembangunan kualitas pendidikan di daerah sasaran dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme di daerah tersebut, untuk mewujdukan hal tersebut guru-guru di daerah sasaran harus menghidupkan program literasi di sekolahnya,”ujar Safei Minggu, (3/12).

Untuk menghidupkan sekolah berliterasi dimaksud kendala yang dihadapi selama ini adalah tidak adanya buku bacaan dan perpustakaan. Maka Pustaka Anak Nusa ingin menghimpun donasi buku dan menyalurkannya ke daerah sasaran GGD yang tersebar diseluruh wilayah terpencil di Indonesia. “Saya memulai dulu dari sekolah saya sendiri, dari tidak ada buku bacaan, sekarang tiap kelas sudah ada pojok buku, buku-buku tersebut adalah hasil donasi, banyak rekan-rekan GGD di daerah penempatan lain yang juga sudah memulai, bahkan banyak yang meminta shearing dengan saya untuk mendirikan Taman Baca didaerah mereka, guru GGD pasti memiliki komitmen  untuk memajukan pendidikan di daerah sasaran, mereka harus dibantu akses untuk mendapatkan donasi buku,”terang Safei yang juga guru GGD di SMP Satap 20 Mupi, Manokwari.

Secara terpisah Ketua BaseCare Edukasi Manokwari, Mulyadi,S.Pd mengatakan bahwa selalu kompak menjalankan program-program bersama “Mengedukasi Anak Negeri” disamping bertugas di sekolah masing-masing. “Kami mengumpulkan uang iuran bersama-sama untuk membuat program-program edukasi, literasi merupakan salah satunya, kami ingin berkontribusi nyata memajukan pendidikan di daerah sasaran GGD,”ujar Mulyadi. Untuk donasi ke Pustaka Anak Nusa dapat dikirimkan ke Sekretariat Pustaka Anak Nusa Jalan Sowi IV, Distrik Manokwari Selatan.Kab.Manokwari,Provinsi Papua Barat. ***

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program “Pustaka Anak Nusa” Wujudkan Sekolah Berliterasi di Daerah Sasaran GGD"