SMA Negeri 1 Warmare Laksanakan Lintas Alam

1139 views

MANOKWARIKU.INFO – Selasa (29/03) Siswa-siswa SMA Negeri 1 Warmare yang terdiri dari kelas XA, XB dan XI IPS ikuti kegiatan lintas alam. Kegiatan lintas alam ini di prakarsai oleh Guru Olahraga Bapak Hendra Sucipto, S.Pd.,Gr. Lintas alam yang diikuti siswa-siswi SMA Negeri 1 Warmare ini juga dilaksanakan dalam rangka kegiatan lapangan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan mata pelajaran Geografi.

”Lintas alam ini melewati rute 3 Kampung yakni Kampung Dindey, Tadbey dan Kampung Madrat,” kata Pak Hendra saat memdampingi muridnya pada kegiatan ini.

Menurut beliau Kegiatan ini juga sebagai sarana rekreasi bagi peserta didik agar tidak jenuh hanya belajar di dalam kelas atau lingkungan sekolah saja.

Lintas Alam SMA Negeri 1 Warmare

”Terkhusus untuk mata pelajaran geografi kegiatan ini sangat erat kaitannya dalam membentuk karakter peserta didik menjadi lebih peduli lingkungan, bukan hanya belajar teori lingkungan di buku tetapi mereka dihadapkan langsung dengan kondisi lapangan dan mereka saya ajak berpikir dan bertindak atas permasalahan lingkungan yang ada,” ucap Pak Dj selaku guru geografi yang juga ikut serta pada kegiatan lintas alam ini.

Pada kegiatan ini siswa-siswi SMA Negeri Warmare di wajibkan mengamati permasalahan lingkungan yang mereka lihat, selain itu mereka mencatat dalam bentuk laporan. Selain itu mereka juga  memunguti sampah yang mereka temukan sepanjang perjalanan. Tindakan  yang demikian membentuk karakter kepedulian lingkungan sebagaimana yang di harapkan pemerintah bahwa anak tidak hanya dituntut memiliki kompetensi kognitif tetapi juga karakter yang kuat guna menyiapkan generasi bermutu.

Pada dasarnya  lintas alam adalah suatu kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh para siswa untuk lebih mengenal alam sekitar. lintas alam biasa disebut sebagai olahraga jalan kaki, yang biasanya melewati pedesaan, gunung, sawah, hutan,dan sebagainya. (dj)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.