SMP Satap Wasegi Laksanakan Sosialisasi Program Indonesia Pintar

712 views

SMP SATAP WASEGI

Sosialisasi PIP SMP Satap Wasegi

orangtua siswa

MANOKWARIKU.INFO. SMP Satap Wasegi melaksanakan sosialisasi Program Indonesia Pintar. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu 03 Februari 2016 yang melibatkan komite sekolah dan orang tua siswa.

Pada kesempatan ini Kepala Sekolah SMP Satap, Wasegi Abner Awom, menyampaikan bahwa tujuan program ini adalah untuk meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

“Ini untuk kali pertamanya sekolah kami mendapat bantuan PIP karena pengusulan melalui dapodik”, kata Pak Isrin, guru di SMP Satap Wasegi.

Sesuai Informasi dari TNP2K, Program Indonesia Pintar adalah salah satu program nasional (tercantum dalam RPJMN 2015-2019) yang bertujuan untuk:

  1. meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah;
  2. meningkatan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka melanjutkan;
  3. menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antarkelompok masyarakat, terutama antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, antara wilayah perkotaan dan perdesaan, dan antardaerah;
  4. meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

 

Apa yang dimaksud dengan Program Indonesia Pintar melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP)?

Program Indonesia Pintar melalui KIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebelumnya.

Mengapa anak usia sekolah diberikan KIP?

KIP diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan agar anak mendapat bantuan Program Indonesia Pintar, apabila anak mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan formal (sekolah/madrasah) atau lembaga pendidikan nonformal (Pondok Pesantren, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Lembaga Pelatihan/Kursus dan lembaga pendidikan nonformal lainnya di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama).

Siapa penyelenggara Program Indonesia Pintar ?

Program Indonesia Pintar  diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

(dj)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.