Tebar Virus Literasi di Manokwari Bersama Kang Maman ILK Trans7

Guru Garis Depan Bersama Kang Maman ILK Trans7

“Ini buku untukmu dari Kang Maman,” ungkap Djamal sambil menyodorkan buku bersampul kuning. Saya sontak membuka halaman pertama. Tertera nama saya di sana. Di halaman yang sama, nama dan tanda tangan beliau pun ada. Rasanya saya menyesal tidak ikut mengantar, pagi ini.
“Sudah tidak apa-apa…kamu tepar begitu. Tadi, Kang Maman juga sempat berkata begitu juga, hahahaha….”
“Hmmmm…..”
Di pagi pula, di tempat yang sama, Manokwari, dua hari lalu saya ngikut aja ajakan Djamal ke bandara. “Menjemput artis,” begitu katanya.
“Siapa?”
Dijelaskan yang ini itu lho, sayanya ndak nyambung-nyambung. Tidak menemukan bayangan sosok beliau. Mungkin karena jarang membaca, jarang nonton acara televisi. #sadar diri kurang pengetahuan. Hehehehe…..
Bersama orang-orang hebat dari Noken Pustaka dan komunitas membaca lainnya di Manokwari, saya ikut menunggu kedatangan beliau. Saya penasaran, yang mana ya.
“Ini to….” penasaran saya akhirnya terjawab. Tanpa berkata, saya bergegas mengambil gambar dengan kamera yang menggantung di leher saya. Tak mau ketinggalan, saya pun ingin difoto bersama beliau. Senangnya hati saya, hehehe…. Tapi, yang lebih menyenangkan lagi ketika saya bisa ngikut mengantar dan mengikuti tiap sesi literasi dari beliau.
Hari pertama di Sekolah Yapis. Saya diantar seorang guru untuk duduk paling depan, tepat di depan para pembicara. Tak ada rasa kantuk meskipun acara tidak sebentar, meskipun malamnya tak begitu puas memejamkan mata. Saya suka…saya suka……
Malam setelah ikut mengantar beliau ke penginapan, saya semakin dong, ‘ini to…’. Saya melihat beliau di layar televisi di acara ILK. “Dasar saya….biasa jam 9 (nya Manokwari) dah biasa istirahat,”membatin diri aja. 😀
Hari kedua, saya ngikut lagi bersama-sama orang hebat menemani beliau keliling Manokwari. Saat mengunjungi Rumah Baca di daerah Pasir Putih, beliau langsung akrab dengan anak-anak SD yang berkumpul belajar. Mei, siswa kelas 2 SD sangat bersemangat belajar bersama beliau.
Malamnya, saya tak melewatkan waktu untuk mengikuti bedah buku dan pembacaan puisi komunitas pecinta literasi. Keren pooollll….berulang kali saya merinding padahal dingin malam belum menjemput. Dalam acara tersebut, beliau banyak memberikan inspirasi. Luar biasa….saya senang…saya senang.
Di hari ketiga, saya melewatkan. Saya tidak ikut mengantarkan beliau ke Rendani. Menyesal? “Hehehe….. Iya.” Tak apalah, sudah telanjur. 😀
Saya sambut harapan untuk bisa bertemu kembali.
Bapak (begitu saya memanggilnya), terima kasih inspirasinya, terima kasih bukunya, terima kasih sudah berkunjung ke Manokwari, terima kasih ….
Sehat dan sukses selalu. Tuhan memberkati. (Ervin Inda)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tebar Virus Literasi di Manokwari Bersama Kang Maman ILK Trans7"