Tips dan Trik Hadapi Ujian Nasional

984 views

ilustrasi ujian nasional

MANOKWARIKU.INFO – Tanpa terasa Ujian Nasional tingkat SMA akan segera tiba. Kalian yang sekarang duduk di bangku kelas XII SMA atau kelas IX SMP tentunya tidak sabar untuk melewatinya. Sudah pasti ada yang deg-degan ada pula yang santai- saja. Kalau kalian termasuk cerdas ya mungkin menghadapi ujian nasional adalah hal yang tidak begitu susah, tetapi yang merasa kemampuannya standar atau ada pelajaran yang dianggap sulit, tentunya khawatir.

Demi menghadapi ujian nasional yang tinggal menghitung hari, kalian lebih baik baca beberapa tips jitu yang bisa kalian terapkan, baca sampai selesai ya.

Berdoa

Langkah ini yang paling penting,  berdoalah sesuai ajaran agama masing-masing, karena dengan begitu pikiranmu akan menjadi lebih tenang sehingga nantinya lebih konsentrasi menghadapi ujian nasional, maupun belajar. Lakukan sesering mungkin, baik itu sebelum tidur, bangun tidur maupun saat ingin belajar.

Belajar

Aturlah jadwal belajarmu agar lebih intensif lagi dari kebiasaan belajarmu pada umumnya. Pelajari materi-materi yang kamu anggap susah dan hindari mengulang materi yang sudah sering kamu baca karena buang-buang waktu. Jangan lupa belajarlah berdasarkan kisi-kisi ujian nasional yang ada karena soal yang muncul pada ujian tidak akan jauh berbeda dari kisi-kisi.

Beli Buku Prediksi Ujian Nasional

Membeli buku prediksi ujian nasional juga sangat penting karena di buku tersebut dimuat soal dan pembahasana ujian beberapa tahun sebelumnya, kamu bisa mempelajarinya. Pada buku prediksi ujian nasional kamu bisa melatih diri mengerjakan soal tersebut tanpa melihat kunci dan mengukur waktu yang kamu gunakan, setelah itu kamu bisa memeriksa sendiri hasil pekerjaanmu, lihat jawaban yang benar dan salah ada berapa. Dengan hasil seperti itu kamu bisa mempelajari kembali materi-materi yang masih menjadi kelemahanmu.

Jaga Kesehatan

Makanlah dengan teratur, agar staminamu terjaga, jaga asupan gizi dengan makan makanan empat sehat lima sempurna. Selain itu jangan begadang, tidurlah secukupnya. Banyak orang ketika menjelang ujian nasional malah belajar sampai larut malam, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan dan ilmu yang masuk diotak jika dipaksa akhirnya malah strees.

Minta Doa Restu Orang Tua

Kata orang kalau kamu durhaka sama orang tua, kamu tidak akan menemui kesuksesan, malah bisa jadi batu seperti Maling kundang. Untuk memantapkan langkah menuju ujian nasional alangkah baiknya jika kamu meminta doa restu orang tua, ibu,bapak, kakek, atau nenek. Meminta maaflah kepada mereka jika kamu pernah melakukan kesalahan. Yakinlah anak yang baik akan disayang semuanya.

Bantu Teman Yang Kesusahan Belajar

Seperti kata orang-orang  bahwa memberi itu lebih baik daripada menerima, maka janganlah ragu untuk terus berbagi dengan teman. Jika kamu bosan belajar sendirian cobalah kamu membantu teman yang kesulitan dalam belajar dengan demikian ilmu kamu akan bertambah.

Demikianlah tips dan trik menghadapi ujian nasional dari kami, semoga semuanya lulus dengan nilai yang baik. Jangan lupa untuk tetap jujur karena kejujuran merupakan cermin keperibadian.(dj)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.