Vika Wakili SMA Negeri 1 Warmare Melaju ke Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Vika Indriani, Juara Olimpiade Sains Propinsi Papua Barat Bidang Kimia

Vika Indriani yang lahir di Warmare 16 tahun silam menorehkan sejarah bagi sekolahnya. SMA Negeri 1 Warmare yang menjadi tempatnya belajar secara formal. Sekolah yang berdiri pada tahun 2005 lalu baru kali ini memiliki siswa yang lolos sampai pada jenjang OSN, biasanya hanya sampai pada jenjang propinsi.

Bersama Nelson dari SMA Negeri 1 Warmare , Vika berhasil menjuarai Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Manokwari 27 Februari 2019. Kemudian keduanya mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Propinsi Papua Barat pada 11 April 2019.

Ada 8 peserta jenjang SMA dari Papua Barat, Vika satu-satunya yang berasal dari Manokwari. Sementara 7 peserta lainnya berasal dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Sorong Selatan. Setiap bidang di wakili oleh satu peserta, Vika mengikuti bidang Kimia pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang akan berlangsung 30 Juni 2019 di Manado.

Menurut Ibu Lince Kristina guru bidang studi Kimia yang membimbing Vika, soal-soal olimpiade agak jauh dari materi pelajaran sekolah, namun belajar tetaplah menjadi bagian dari usaha.

“Vika ini masih kelas 10 jadi masih berat sebenarnya karena harus belajar lebih banyak materi kelas XI dan XII,” tambah Ibu guru yang berencana akan mendampingi Vika belajar di Lab Kimia UNIPA.

Vika memang memiliki bakat dan kemampuan intelektual sehingga belajar secara otodidak jauh lebih berperan. Tidak ada bimbingan secara khusus yang dilaluinya.

Terima kasih Nak telah mengharumkan nama SMA Negeri 1 Warmare. Prestasimu membuat lupa bahwa kita berasal dari pinggiran.

*****

Mengunjungi Nelson Sang Juara.

Nelson A Sayori, Juara Olimpiade Sains Kabupaten Manokwari Bidang Ekonomi

Atas perintah Kepala Sekolah, hari ini saya mengunjungi rumah siswa. Kunjungan ini untuk menyampaikan kepada orang tua terkait anak yang akan mewakili Olimpiade Sains Tingkat Provinsi.

Olimpiade yang akan berlangsung di Kota Sorong 11 April nanti akan diikuti oleh 2 siswa dari SMA Negeri 1 Warmare yakni Vika Indriani dan Nelson A Sayori. Vika juara 1 lomba mata pelajaran Kimia dan Nelson juara 1 mata pelajaran Ekonomi pada Tingkat Kabupaten Manokwari.

Diiringi gerimis hujan, saya asyik mengobrol bersama Bapak, Ibu dan keluarga Nelson. Nelson sendiri lahir dari Ibu yang berdarah Biak dan Bapaknya Arfak. Dari ungkapan kedua orangtuanya saya memastikan kewajiban sebagai orang tua mereka telah penuhi dengan baik. Ada harapan besar dari orangtua agar kelak Nelson menjadi anak yang membawa nama baik keluarga maupun suku Arfak dan Biak.

“Pak guru saya tidak pernah meminta dia membantu saya di kebun, yang penting dia mau belajar dan berdoa, ” bisik bapaknya kepada saya karena tidak mau Nelson mendengar ucapannya.

Gerimis telah reda saya pamit pulang, tiba-tiba Ibu Nelson menitip sekantong Sagu dan sayur katanya untuk pak guru masak di rumah. Sekilas mengingatkan pada Ibu saya di kampung, beliau selalu menyisihkan sebagian hasil panen sawah kepada orang mengunjungi rumah kami. Sekarang saya di posisi itu dan bukan soal harga sayur atau Sagu tapi diri ini bersyukur kepada Tuhan dari rumah Nelson ada nilai yang tak terukur mungkin cinta mungkin pula kasih. 

*****

Nelson A Sayori, Juara Olimpiade Ekonomi Tingkat Kabupaten Manokwari.

Nelson A Sayori, Juara Olimpiade Sains Kabupaten Manokwari Bidang Ekonomi

Siswa paling kecil di kelas ini sebentar lagi akan maju ke Olimpiade Sains tingkat propinsi. Sore ini dia datang tentunya bukan untuk belajar ekonomi tapi menantang saya bermain tenis meja. Selain memang bukan guru ekonomi diri ini pun tak pernah punya pengalaman memenangkan kompetisi serupa.

Namun Nelson adalah sejatinya seorang murid yang selalu menganggap gurunya lebih hebat dan berharap gurunya bisa berbagi. Maka dari itu tugasku kusederhanakan, banyak motivasi ditambah sedikit bumbu strategi. Selamat berjuang Nak, percayalah yang membedakan kita dengan anak-anak kota hanyalah kecepatan internet.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Vika Wakili SMA Negeri 1 Warmare Melaju ke Olimpiade Sains Tingkat Nasional"