Koruptor Dapat Remisi, KPK Kecewa

Tidak ada komentar 859 views
ilustrasi remisi koruptor

ilustrasi remisi koruptor

MANOKWARIKU.INFO – Pemberian remisi terhadap beberapa terpidana kasus korupsi membuat pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kecewa.

Menurut Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati, pihaknya sangat menyesalkan begitu banyak pemberian remisi terhadap terpidana kasus korupsi. Menurutnya KPK sudah berusaha sedemikian rupa menangani kasus sampai keluar dakwaan, malah ada yang mengurangi masa tahanan.

Dikutip dari Media Indonesia;

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia memberikan remisi kepada mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang menjadi narapidana kasus korupsi wisma atlet SEA Games 2011 mendapatkan remisi sebanyak 5 bulan satu bulan, sedangkan istrinya Neneng Sri Wahyuni mendapat remisi 6 bulan sebagai narapidana kasus korupsi pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Sedangkan untuk narapidana korupsi lainnya seperti Sutan Bhatoegana, Anas Urbaningrum, Andi Alifian Mallarangeng, Suryadharma ALi, Dada Rosada, Angelina Sondakh, mantan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo tidak mendapatkan remisi.

“NSW (Neneng Sri Wahyuni) dan MNZ (Muhammad Nazaruddin) ada surat keterangan Justice Collaborator-nya. Namun sebenarnya KPK hanya memberi surat keterangan JC, kalau Kemenkumham meminta rekomendasi, kita sampaikan apakah surat keterangan JC itu terbit atau tidak. Jadi, KPK hanya membalas surat dari Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham, bukan KPK yang merekomendasikan untuk remisi,” tambah Yuyuk.

Menurut Yuyuk, KPK pernah menerbitkan surat keterangan telah bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk memperoleh hak remisi berdasarkan surat KPK No KET-30/55/07/2014 pada 21 Juli 2014. “Tapi untuk rekomendasi pemberian hak asimilasi dan pembebasan bersyarat atas nama NSW tidak pernah diberikan,” ungkap Yuyuk.

– See more at: http://mediaindonesia.com/news/read/62286/kpk-kecewa-narapidana-korupsi-dapat-remisi/2016-08-18#sthash.5hate8JQ.dpuf

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Koruptor Dapat Remisi, KPK Kecewa"