Tak Cukup Sebulan Jadi Menteri ESDM, Archandra Dicopot Lagi

Archandra Tahar

MANOKWARIKU.INFO – Presiden Jokowi mencopot Archandra Tahar dari Jabatan Menteri ESDM. Padahal diketahui jabatan tersebut baru saja diisi Archandra pada tanggal 27 Juli 2016 lalu.

Archandra dicopot dari jabatannya setelah Presiden mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Polemik yang terjadi Archandra diduga tidak memiliki kewarganegaraan Indonesia atau WNI. Masalah ini dimulai dari kepemilikan paspor Amerika Serikat oleh Archandra.

Presiden RI Joko Widodo telah melantik 13 menteri kabinet Jokowi Jilid II di Istaan Negara pukul 13.43 wib, Dua nama itu selain merupakan wajah baru di kabinet Jokowi jilid II, mereka juga berdarah Minang dan alumni salahsatu sekolah menengah di padang. Dua nama itu adalah Asman Abnur dan Archandra Tahar.

 

Berita pelantikan Archandra Tahar(minangkabaunews.com)

 

Archandra Tahar mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Archandra menggantikan Sudirman Said yang tak lagi masuk kabinet.

 

Archandra merupakan alumni SMA 2 Padang dan juga alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.

 

berita pencopotan Archandra (kontan.co.id)

JAKARTA. Menyikapi pertanyaan publik terkait kewarganegaraan Menteri ESDM Archandra Tahar, setelah mendapatkan informasi dari beberapa sumber, Presiden Jokowi memutuskan untuk memberhentikan Chandra Tahar secara hormat sebagai Menteri ESDM.

Pratikno, Menteri Sekretaris Negara mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan Menteri ESDM, Presiden mengangkat Luhut Panjaitan sebagai pelaksana tugas (Plt) sampai ada pengganti menteri ESDM yang baru. “Keputusan ini akan berlaku besok (16/8), setelah diumumkan malam ini (15/8),” ujar Pratikno dalam konfrensi press (15/8).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tak Cukup Sebulan Jadi Menteri ESDM, Archandra Dicopot Lagi"