Bukan Hanya di Bali, Ngaben Tradisi Unik Umat Hindu Wasegi Manokwari

Ritual Nagben Umat Hindu Wasegi Manokwari

MANOKWARI.INFO – Jumat (19/02) Umat Hindu yang bermukim di Kampung Wasegi Distrik Prafi Kabupaten Manokwari berkumpul melaksanakan ritual Ngaben. Ritual ini dilaksanakan di dekat pemakaman pinggir kali Wasegi. Pelaksanaannya sekitar pukul 10.00 WIT.

Menurut informasi dari warga jenasah yang di upacarakan sudah meninggal 2 hari sebelumnya. Dalam Hal pelaksanaan ritual ini menunggu hari yang dianggap ‘baik’. Berdasarkan pantauan Manokwariku.Info, sejumlah warga ikut menyaksikan ritual ini.

Ritual Nagben Umat Hindu Wasegi Manokwari

Umumnya kita ketahui bahwa ritual Ngaben sering dijumpai di Bali, namun tidak perlu jauh ke Bali di Manokwari juga ada. Umat Hindu yang ada di Kampung Wasegi dahulunya memang berasal dari Bali, namun sudah lama bahkan ada yang lahir sampai besar tidak pulang lagi ke Bali.

Kampung Wasegi  tidak begitu luas namun memiliki keunikan tersendiri. Di kampung ini ada beberapa suku dari penjuru Nusantara yang mendiami seperti Jawa, Madura, Papua, Toraja, Makassar, Bugis dan Manado. Selain itu Agama yang dianut pun melengkapi keragaman termasuk, Kristen, Katolik, Islam dan Hindu. Meskipun demikian warga Kampung Wasegi hidup sangat rukun dan damai. (dj)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.