Sampah Mengusik Keindahan Kota Manokwari

913 views

MANOKWARIKU.INFO – Miris sekali menyaksikan sampah berceceran tepat di sekitar area papan peringatan dilarang membuang sampah. Entah di mana kesadaran pembuang sampah hingga meletakkan sampah di tempat tersebut. Mungkinkah pembuang sampah buta aksara atau mati rasa kepedulian terhadap alam. Selain itu, mungkin kita juga pernah menjumpai sampah keluar dari jendela mobil yang melaju. Akibatnya sampah berceceran di jalan.

Sampah memang menjadi salah satu problematika dalam kehidupan. Hal ini karena setiap hari orang menghasilkan sampah. Sampah dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik tidak menimbulkan dampak serumit sampah anorganik. Sampah organik lebih cepat terurai sedangkan sampah anorganik membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk dapat terurai. Plastik merupakan salah satu sampah anorganik.

Banyaknya sampah plastik yang dihasilkan setiap harinya, maka untuk mengatasi hal ini beberapa kota besar sudah memberlakukan harga untuk penggunaan kantong plastik. Yang paling mendasar dari itu adalah untuk menjaga kondisi ekosistem alam. Alam merupakan tempat tinggal kita dan pastinya kita mendambakan adanya alam yang aman dan nyaman. Jika sampah mengakibatkan rusaknya ekosistem alam, akankah rasa aman dan nyaman itu tercipta.

Untuk menciptakan hal tersebut, yang paling mendasar bukan hanya aturan tetapi kesadaran. Kesadaran bahwa alam ini bukan milik perorangan atau suatu kelompok, tetapi ini milik bersama. (rp)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.