Unik, Taman Wisata Alam Gunung Meja Kota Manokwari

2180 views

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari

MANOKWARIKU.INFO – Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari adalah kawasan hutan konservasi. Lokasi ini menjadi hutan lindung dengan berbagai spesies tumbuhan maupun hewan di dalamnya.Selain itu Struktur geologis juga menjadi daya tarik tersendiri. Taman Wisata alam ini tidak begitu populer namun sebenarnya sangat menarik bagi mereka pecinta wisata alam maupun pemerhati lingkungan.

Pintu gerbang Taman Wisata Alam Gunung Meja

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari ini tidak jauh dari pusat Kota Manokwari. Taman Wisata Alam Gunung Meja (TWA Gunung Meja) berada di lahan seluas 460,25 hektar. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota, sekitar 3 kilometer di arah utara pusat kota Manokwari. Kawasan ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda dua maupun mobil. Secara administratif TWA Gunung Meja ini berada di Kecamatan Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.Untuk menjangkau pintu gerbang Gunung Meja bisa melalui Jalan  Brawijaya, boleh juga masuk dari Amban sekitaran kampus Universitas Negeri Papua (UNIPA).

Taman Wisata Alam Gunung Meja sangat cocok menjadi pusat konservasi dan juga sebagai pusat penelitian bagi penegembangan ilmu pengetahuan khususnya rumpun ilmu alam. Kehadiran membawa peran penting untuk menjaga ekosistem alam Manokwari. Dari tinjauan geografis posisi Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari sangat mempengaruhi Siklus Hidrologi Kota Manokwari dengan ketinggian Tempat 16-200an MDPL (sumber:reddplus).

Selain sebagai pusat konservasi dan penelitian Gunung Meja menjadi objek Wisata yang menarik bagi para pecinta alam. Manfaat Ekologis dari Taman Wisata Alam ini bagi masyarakat Kota Manokwari adalah lokasi infiltrasi air hujan sehingga tersedianya air bersih bagi masyarakat kota. Selain itu kawasan hijau ini juga menghasilkan udara segar yang menetralisir polusi udara dari kota.

Hal yang menjadi tanggung jawab bersama adalah menjaga keberadaan Taman Wisata Alam Gunung Meja ini. Masyarakat sekitar maupun pengunjung untuk tidak membuang sampah di kawasan Wisata Alam Gunung Meja ini. Dari pantauan Tim Manokwariku.Info pintu gerbang Taman Wisata Alam Gunung Meja ini sudah di coret-coret oknum tidak bertanggung jawab serta banyaknya sampah plastik di sekitar jalan masuk Kawasan Konservasi.(dj)

 

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.