2 Jam Hujan, Air Menggenangi Jalan di Wosi Manokwari

719 views

Air tergenang di daerah Wosi Manokwari, foto: Lery Pasuang

MANOKWARIKU.INFO – Senin (11/04), air menggenangi badan jalan di Wosi Manokwari. Selama kurang lebih 2 jam hujan mengguyur kota Manokwari pada siang hari menyebabkan banjir pada badan jalan ini.

Kejadian ini tentunya mengganggu aktifitas pengguna jalan. Jika menggunakan sepeda motor harus lebih berhati-hati, terutama jika berpapasan dengan mobil, bisa-bisa terkena hempasan air.

Banjir memang sangat perlu diwaspadai mengingat daerah Manokwari memiliki intensitas hujan yang tinggi. Banjir juga mempercepat terjadinya kerusakan jalan. Banyak jalan akhirnya berlubang karena terlalu sering tergenang air.

Beberapa faktor penyebab banjir, diantaranya adalah:
  • Penebangan hutan yang membabi buta bisa jadi faktor penyebab banjir, karena resapan air menjadi berkurang.
  • Banyak orang yang dengan seenaknya sendiri membuang sampah di saluran atau sungai, sehingga aliran air terhambat dan akhirnya air meluap. Selain bisa menghambat aliran air, pembuangan samah di sungai atau saluran bisa mengakibatkan pendangkalan, sehingga sungai atau saluran tak mampu lagi menampung debit air yang terlalu besar, dan akhirnya meluap dan terjadi banjir.
  • Perencanaan saluran yang keliru. Bisa jadi, pada saat membangun saluran kurang memperhatikan hulu-hilir, tinggi-rendah, dimensi saluran, dsb.
  • Saluran air tidak berfungsi karena sudah rusak atau tertutup
  • Tidak ada daerah resapan, lahan sudah diperkeras sehingga air tidak bisa meresap kedalam tanah.

Sebagai warga baik sebaiknya jangan membuang sampah sembarang, apalagi saat berkendara, janganlah buang sampah di jalan. Sampah yang berserakan di jalan akan berujung pada tersumbatnya aliran air pada got-got. Jika terjadi hujan air tidak dapat mengalir dengan lancar sehingga menggenangi badan jalan.(dj)

 

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.