21 Februari Aksi Peduli Sampah Nasional, Manokwari Ambil Bagian

Aksi Peduli Sampah di Pantai Maruni Manokwari

MANOKWARIKU.INFO – Pagi ini (21/02) Pantai Maruni dikejutkan oleh kebulan asap. Mereka yang tidak mau menyebutkan namanya sedang mengumpulkan sampah dan membakar sampah-sampah tersebut. Hal ini sebagai aksi peduli mereka terhadap sampah di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Pantai Maruni sebagai lokasi yang mereka pilih karena mereka pernah melihat cukup banyak sampah plastik (botol minuman) yang berada di pinggir pantai yang akhirnya terbawa ombak saat air pantai pasang. Jika dibiarkan terus, ekosistem laut akan terancam.

“Saya pernah melihat seorang pengunjung pantai ini dengan sengaja membuang sampah botol minumannya ke pantai. Kami pun pernah mengambil beberapa botol yang berada di dekat kami supaya sampah tersebut tidak terbawa ombak, tetapi ada pengunjung lain yang terlihat tak acuh terhadap kami dengan mengatakan, “Mengapa sampahnya diambil? toh banyak sampah juga yang begitu..itu di sepanjang pantai.” Mungkin aksi kami terlihat konyol. hehehehe”, ungkap seorang dari mereka.

Aksi Peduli Sampah di Pantai Maruni Manokwari

Mereka berharap dengan adanya peringatan HPSN menambah kesadaran masyarakat bahwa sampah harus dipedulikan dengan cara menempatkan di tempat yang tepat.

tumpukan sampah

Kegiatan peringatan HPSN tidak hanya dilakukan di daerah mereka. Kota-kota di Indonesia juga ikut ambil bagian dalam kegiatan peduli sampah. Di antaranya kota Bangka Selatan. Kota Bangka Selatan menggelar cara peringatan hari sampah yang di ikuti kurang lebih 2.300 orang yang peduli dengan sampah, baik dari instansi pemerintah, komunitas, serta siswa sekolah. Sesuai kutipan Bangka tribunnews

Peringatan HPSN bermula dari kejadian longsornya (Tempat Pembuangan Akhir) TPA Leuwigajah, Bandung, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 silam. Akibat peristiwa tersebut, 143 orang tewas seketika dan 137 rumah warga yang berada di Desa Batujajar Timur, Bandung, serta 2 rumah di Leuwigajah tertimbun longsor dengan ketinggian mencapai tiga meter.(dj/rp)

author
talk les do more
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.